Menelusuri Jejak Kesultanan Siak di Kepulauan Karimata



Kesultanan Siak


Walaupun berlokasi cukup terpencil, tetapi Kepulauan Karimata di Kalimantan Barat miliki peninggalan Kerajaan Siak. Ada sisa istana serta makam bersejarah.

Sejarahnya, Kesultanan Siak Sri Indrapura yang berdiri di Riau miliki daerah cukup luas. Lokasi Kesultanan Islam itu juga mencapai daerah Sambas di Kalimantan Barat melalui pelayaran.

Uniknya, nyatanya di Kepulauan Karimata ada peninggalan sejarah yang konon lekat dengan Kesultanan Siak. Hal semacam itu di ketahui melalui makam bersejarah serta bangunan yang dahulu dikatakan sebagai istana sampai balai pertemuan.

Hal semacam itu juga di ketahui detikTravel waktu berkunjung ke Desa Padang di Kepulauan Karimata dalam acara Ekspedisi Nusantara Jaya Selat Karimata, Rabu lantas (17/8/2016). Informasi mengenai ada peninggalan Kesultanan Siak itu juga diberitahu oleh Kadisbudpar Kayong Utara, Mas Yuliandi.

" Disini ada peninggalan sejarah Kesultanan Siak, " tutur Mas.


Dilanjutkan oleh Mas, ada sisa bangunan kerajaan sampai Makam Tengku Abdul Jalil yang dikatakan sebagai raja di pulau itu. Ke-2 bukti sejarah itu juga bisa diketemukan di Desa Padang, Kepulauan Karimata.

Interior tempat tinggal yang konon sisa istana sampai balai kota (Randy/detikTravel)

Saya juga berkunjung ke tempat tinggal yang konon adalah sisi dari sisa Kesultanan Siak di Kepulauan Karimata. Disana saya berjumpa dengan satu diantara keturunan dari Raja terdahulu yang masihlah hidup, Muhammad Din.

" Ini itu sisa kerajaan, sayangnya kita itu, tidak ada tulis buku sejarah, namun setahu kita masyarakat Karimata ini yaitu tempat tinggal raja, " tutur Din.

Dilanjutkan oleh Din, kalau Raja itu yaitu Tengku Abdul Jalil yang makamnya ada tidak jauh dari desa. Tengku Abdul Jalil sendiri konon yaitu pendatang sampai jadi raja di Kepulauan Karimata. Sayang kenyataan itu tak di dukung oleh tulisan atau catatan yang pasti.


Makam Tengku Abdul Jalil (Randy/detikTravel)

Related Posts:

0 Response to " Menelusuri Jejak Kesultanan Siak di Kepulauan Karimata "

Posting Komentar